Liputan #KelasBlogger 14: Blogger dan Optimalisasi Kamera Gawai

Hari Minggu pagi, 19 Februari 2017, hujannya awet banget bikin mager (malas gerak). Tapi demi ilmu yang bermanfaat dan silaturahim dengan teman-teman ya dibela-belain deh datang ke acaranya Kelas Blogger ke-14, di Nutrifood Inspiring Center, Apartemen Menteng Square, Jakarta Pusat.

Ini adalah kali ke-2 saya mengikuti Kelas Blogger, yang saya tahu dari mengikuti Facebook-nya Rulli Nasrullah atau Kang Arul. Beliau adalah salah seorang tenaga pengajar yang saya kenal sewaktu saya memantau Diklat Pembentukan Pranata Humas, sekitar tiga bulan yang lalu. Ceritanya bisa dibaca di sini.

Kang Arul lah yang menggagas lahirnya Kelas Blogger, sejak November 2015. Kelas Blogger merupakan sebuah wadah untuk meningkatkan pengetahuan sekaligus kemampuan para blogger sebagai aktivis sosial media yang lebih profesional.

Kelas Blogger ke-14 mengangkat tema “Blogger dan Optimalisasi Smartphone, HP-Mu Adalah Senjatamu” dengan narasumber Aryo Meydianto, Media Engagement Oppo Indonesia.

Saat ini saya sedang menggunakan gawai dari Oppo yang saya beli tahun lalu gegara butuh gawai yang kameranya bagus tetapi harganya tidak mahal untuk merekam rapat pembahasan DUPAK Online Pranata Humas yang saya pimpin, sebagai kelengkapan tugas proyek perubahan Diklat PIM IV. Selebihnya, gawai ini saya pakai merekam video aktifitas anak kaki empat saya. Tapi ya cuma asal rekam aja sih gak pernah dibuat vlog apalagi diunggah ke Youtube.

Selengkapnya klik di sini

Liputan #KelasBlogger 13: How To Be A Single Traveler

Saya bukan traveler sejati, juga bukan backpacker. Tapi banyak temen yang komentar kalau saya jalan-jalan terus, setelah melihat foto-foto yang saya unggah di Facebook.

Itu juga foto sewaktu dinas luar setelah kegiatan bimtek atau rapat. Jalan-jalan yang waktunya sangat pendek. Tergantung sama siapa temen dinasnya saat itu. Kalau gak ada, ya paling juga cari temen kantor yang penempatan di daerah. Sampai ada yang bilang kalau temen saya ada di setiap kota. Padahal ya gak juga sih.

Hari Minggu, 18 Desember 2016, saya mengikuti Kelas Blogger ke-13, yang diadakan oleh komunitas Kelas Blogger. Tema yang diangkat adalah How To Be A Single Traveler, Traveling Ke Negeri Orang dengan narasumber Agil, seorang freelance traveler. Bertempat di Nutrifood Inspiring Center (NIC), Apartemen Menteng Square, Jakarta Pusat, Kelas Bloger berlangsung dari jam 09.30 sd 14.30 WIB, mundur sekitar 30 menit dari jadwal, dengan jumlah peserta  30 orang.

Komunitas yang dibentuk sejak 15 November 2015 ini telah menyelenggarakan berbagai kelas dengan tema, antara lain Coffegraphy, Bincang Kopi Sambil Belajar Fotografi, Belajar Olah Foto untuk Blog, dan Belajar Video Blogging dengan Aplikasi di HP, di lokasi yang berbeda.

“Peserta yang paling banyak sewaktu Kelas Blogger di Rumah Dunia milik Gola Gong di Serang, Banten, ada sekitar 300 orang,” kata Syaifuddin Sayuti, Kepala Sekolah Kelas Blogger.

Lokasi Kelas Blogger ke-13, NIC, merupakan tempat penyelenggaraan acara bagi komunitas yang bergerak di salah satu bidang antara green, health, education, art & culture, yang dapat digunakan secara gratis.

Selengkapnya klik tautan ini.

Liputan #KelasBlogger 12: Belajar Cofeegraphy di Kolary Cofee

Di dalam secangkir kopi, ada banyak cerita” . Ujar Kang Dudi Iskandar memulai acara Kelas Blogger ke-12. ” Cieeee”, peserta kelas blogger menimpalinya.

Kelas Blogger merupakan komunitas blogger lintas platform yang bertujuan mengadakan kelas dengan materi yang sangat bermanfaat dalam memperluas ilmu dan wawasan dalam penulisan blog. Terutama untuk blogger baru seperti saya ini, Kelas Blogger sangat membantu saya dalam memperdalam teknik-teknik dalam menulis blog yang berkualitas.

Komunitas Kelas Blogger di kepalai oleh Syaifuddin Sayuti. Kepala Sekolah Kelas Blogger ini, merupakan blogger senior yang telah lama melintang di dunia pembloggeran. Yang ngaku blogger pasti kenal masSyaifuddin Sayuti ini. Beliau aktif kegiatan blogger, sebut saja seperti Blogger Reposrtase Indonesia, kompasiana, dan lain-lain. Dan ternyata beliau adalah seorang dosen.


Kelas Blogger yang diselenggarakan hari Minggu, 27 November 2016 merupakan Kelas Blogger yang ke-12. Wooow,,ternyata sudah sejak lama yaa, Kelas Blogger ini eksis. Khusus untuk Kelas Blogger 12 ini, Ketua Kelas nya bernama Bowo Susilo. Dengan narasumber kang Dudi Iskandar, membahas mengenai Coffeegraphy. Sebenarnya tidak hanya Coffegraphy, Kang Dudi Iskandar memberikan materi fotografi secara umum. Beliau ini merupakan pakar fotografi founder Komunitas Toekang Poto, sekaligus seorang barista. Jadi cocok sekali deh, narasumber dan temanya.

Selengkapnya ada di tautan berikut ini.